Waspada Cuaca Ekstrem Terjang Sulut

Sejumlah lokasi di Manado tergenang air setelah terjadi hujan deras hampir tiga jam. (FOTO: manadokita)
MANADO - Peringatan dini terkait cuaca ekstrem di Sulawesi Utara (Sulut) yang dikeluarkan BMKG Manado, Jumat (21/10/2016). Disebutkan, sejumlah daerah berpotensi terjadi hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Adalah Kota Manado, Tomohon, Kabupaten Minahasa (Tondano), Minahasa Selatan dan Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengimbau masyarakat mewaspadai hujan sedang hingga lebat berintensitas angin kencang disertai petir yang sedang melanda daerah Sulut. “Musim hujan masih terus melanda daerah kita sehingga mengakibatkankan banjir lokal (genangan air) dibeberapa titik di Manado seperti depan  Mega Mall, Kelurahan Banjer dan ring road 1,” kataya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulut, Noldy Liow mengakui bahwa memang pada beberapa hari lalu sejak tanggal 17-19 Oktober 2016, ketika berada di Pulau Miangas, Kabupaten Talaud, sudah terasa sekali cuaca angin kencang. “Saat itu perkembangan badai haima karena memang berada dekat Pulau Luzon bagian negara pesisir Singapura, dimana jarak antara Luzon dan Miangas kurang lebih 700 mil. Sehingga secara tidak langsung wilayah Sulut turut merasakan angin kencang yang mempengaruhi juga tinggi gelombang," terang Liow.

Saat ini perkembangan badai haima sudah semakin bergerak agak menjauh seperti informasi diatas, untuk hujan yang terjadi saat ini secara klimatologi wilayah Sulut sudah berada pada transisi untuk masuk ke musim hujan. (agust)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar