Berantas Pungli, Polda Sulut Buka Layanan Pengaduan


Polda Sulut ikut memberantas pungutan liar. (FOTO: istimewa)
MANADO - Guna memberantas pungutan liar (pungli) pada semua instansi di Sulawesi Utara, Polda Sulut membuat saluran pengaduan melalui dua jalur. Diantaranya untuk di lingkup Polri dan luar Polri.

“Bila pungli dilakukan oleh anggota Polri, pengaduan melalui nomor hand phone 081366137838 yang dikelola Bidang Propam," ujar Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Marjuki, Jumat (21/10/2016).

"Dan bila pelaku adalah pegawai instansi di luar Polri bisa menyampaikan laporan melalui nomor 081325479999 atau bisa share melalui media sosial facebook group Manguni tim 123 Reskrimum Polda Sulut yang dikelola," katanya.

Sebelumnya Kapolda Sulut, Irjen Pol Wilmar Marpaung telah membentuk tim khusus pemberantasan pungli sebagai instruksi Presiden RI Joko Widodo, untuk menghilangkan praktik pungli disemua bidang. Tim dibentuk di bawah pimpinan Irwasda yang bekerja sama dengan Provost Polda Sulut.

Polda Sulut mengutamakan pemberantasan pungli yang berkaitan dengan polisi. “Seperti di Samsat dan pembuatan SIM. Apalagi seperti yang kita dengar, keluhan masyarakat kebanyakan di Samsat dan pengurusan SIM," ujar Marjuki.

Pihaknya berharap masyarakat bisa turut bekerja sama dengan kepolisian untuk memberantas pungli. Akan ada sanksi tegas bagi anggota kepolisian yang kedapatan melakukan praktek pungli.

“Kejahatan pungli sendiri secara tidak langsung berawal dari masyarakat. Untuk itu kami mengimbau juga masyarakat agar tidak memberikan uang atau apapun kepada polisi. Ini pun berlaku bagi para polisi agar tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun dari masyarakat," katanya. (agust)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar