Kawal Jurnalisme Bermutu, AJI Luncurkan Situs independen.id

Puluhan jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado dan sejumlah organisasi jurnalis lainnya menggelar demo soal kebebasan pers, beberapa waktu lalu. (foto: dokumentasi AJI Manado)
MANADO – Melihat makin merosotnya mutu jurnalisme di Indonesia Aliansi Jurnalis Independen (AJI) memperkenalkan situs online  independen.id pada resepsi peringatan hari ulang tahun AJI ke-22 di Jakarta, Jumat (26/08/2016).   

Ini juga menjawab berbagai masalah pemusatan kepemilikan media yang dikuasai para konglomerat.

“Peluncuran independen.id merupakan upaya AJI menjawab tantangan era media baru," ujar Ketua AJI, Suwarjono dalam rilis yang diterima Sabtu, (27/08/2016).

AJI telah mendorong anggotanya di sejumlah kota menggagas terbentuknya media online lokal multiplatform. “Tujuannya mendorong demokratisasi media," katanya. Untuk tingkat nasional, AJI mendorong media nasional membantu media lokal tumbuh dan memfasilitasi pertumbuhan mereka lewat berbagai pelatihan, lokakarya, pengembangan jaringan, infrastruktur, hingga distribusi konten.

Kemajuan teknologi mengubah perilaku pembaca dan mengubah sistem produksi serta penyebaran berita. “Kadang pembaca bingung membedakan mana informasi yang bisa dipertanggungjawabkan dan mana berita hoax," katanya.

Hal itu terjadi karena standar jurnalis yang dibangun bertahun-tahun dikoyak dengan memunculkan berita sepotong. Ini bisa mengaburkan makna berita, opini, rumor, atau fiksi.

Peluncuran situs independen.id ini juga bertepatan dengan resepsi peringatan hari ulang tahun AJI ke-22 dengan tema "Media, Ekspresi, Keberagaman". (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar