Dua Pekan Turis Tiongkok Kunjungi Sulut Sumbang Rp280 M

Turis Tiongkok cukup puas selama berada di Manado. (foto: istimewa)
MANADO – Dalam dua pekan kunjungan ribuan turis asal Tiongkok ke Sulawesi Utara, tercatat perputaran uang mencapai Rp280 miliar.

“Ya, data yang diperoleh dari maskapai Lion Air dan data penukaran uang (money changer) di Bandara Sam Ratulangi Manado, estimasinya mencapai Rp280 M uang yang dibawa 6.256 turis. Hitung saja tiket, akomodasi dan hotel Rp10 juta perorang untuk paket tur 4 hari 5 malam, belum lagi belanjaan mereka selama di sini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manado, Hendrik Warokka di Manado, Kamis  (20/7/2016).

Dia menyebutkan yang keciprat uang itu diantaranya hotel, rumah-rumah makan, maskapai penerbangan, pusat perbelanjaan, tempat-tempat souvenir dan lain-lain. “Kita punya 20 hotel berbintang (2195 kamar), kemudian 110 hotel non bintang (2218 kamar), dan ratusan rumah makan berbagai menu. Artinya ada impac dari kedatangan ribuan turis untuk pemasukan usaha-usaha di Sulut dan kesejahteraan warga. Roda ekonomi berjalan sangat bagus,” kata Hendrik.

Dunia pariwisata Sulut kata dia akan sangat cerah beberapa waktu ke depan, apalagi dua maskapai nasional yakni Lion Air dan Sriwijaya sudah pastikan penerbangan setiap hari dan berlangsung terus menerus sedangkan Citilink baru dua bulan dulu, kemudian mempertimbangkan penerbangan terus menerus. “Sekarang tinggal kesiapan warga saja. Tetap menjaga keramatamahan dan keamaan. Itu saja sehingga turis betah di Sulut,” ujarnya.

Meski diakui ada kekurangan masih terjadi di sana-sini misalnya soal sarana pelayanan umum yang perlu diperbaiki lebih baik lagi. “Contoh saja tempat di tempat wisata ada kamar mandi tidak sesuai standar. Akses jalan ke lokasi wisata yang rusak, belum lagi kekurangan tour guide yang menguasai bahasa Mandarin. Itu masalah yang harus cepat dibenahi,” kata Hendrik.

Sebelumnya diketahui, sejak 4 Juli 2016 Sulut kebanjiran turis Tiongkok hingga Rabu 20 Juli 2016 pasca dibukanya penerbangan langsung Manado-Tiongkok oleh maskapai nasional, Lion Air, Sriwijaya Air dan Citilink. Apalagi masuk Bandara Sam Ratulangi Manado bebas visa. (agust hari) 
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar