Bitung jadi Pangkalan Utama Keamanan Kawasan Perbatasan

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo saat menghadiri Musrembang Pemprov Sulut. FOTO: humas pemprov sulut
MANADO - Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo menyatakan Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara, akan menjadi pangkalan utama keamanan kawasan perbatasan. “Sulut adalah provinsi perbatasan yang harus dijaga dengan baik sehingga Bitung harus menjadi pangkalan utama keamanan kawasan perbatasan. Keberadaan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sangihe dan Sitaro memberikan celah masuknya senjata untuk operasi kelompok radikal, jalur penyelundupan narkoba, jalur masuk warga negara asing secara illegal,” ujar Tjahjo di Manado, Rabu (20/4/2016).

Sehingga Mendagri mengingatkan para kepala daerah, bahwa pemerintah daerah tidak hanya perangkat aparatur pemerintah dan DPRD, didalamnya ada Kepolisian, Kejaksanaan, dan Matra TNI. “Dibutuhkan sinergitas dalam setiap pengambilan kebijakan politik dan pembangunan,” katanya.

Dia menambahkan masyarakat harus ikut menjaga keamanan terlebih yang berada di daerah perbatasan. “Warga harus menanamkan diri mereka dalam wilayah NKRI. Jika ada peristiwa-peristiwa di daerah perbatasan secepatnya melaporkan ke pemerintah terdekat,” pungkasnya. (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar