Gunung Lokon Status Awas, BPBD Tomohon Cegah Pendaki

Gunung Lokon di Tomohon. FOTO: jadituris.com
TOMOHON - Pasca status Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara ditingkatkan jadi awas, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon langsung berjaga-jaga di pintu masuk pendakian. Para pendaki diminta agar tidak naik ke Gunung Lokon.

"Ya, kami dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tomohon melarang pendaki datang ke sini untuk sementara," ujar Robby Kalangi, Kepala BPBD Tomohon, belum lama ini. Bahkan kata dia sebagai imbauan BPBD sudah memasang baliho untuk mencegah pendakian Gunung Lokon. "Pelarangan pendakian, dilakukan untuk mencegah agar para pecinta alam tidak menghadapi situasi yang bisa membahayakan nyawa, karena sewaktu-waktu Lokon bisa erupsi. Saat berada di Gunung kemudian terjadi erupsi tentu sangat membahayakan," kata dia.

 Namun, pemerintah juga berharap kesadaran warga agar bisa menangguhkan rencana pendakian untuk keselamatan, karena tidak selamanya penjagaan di pintu masuk pendakian dilakukan terus menerus. Camat Tomohon Utara, Aneke Tuegeh menambahkan pihaknya telah menginstruksikan luran-lurah agar memperhatikan para pecinta alam yang mencoba mendaki.

"Linmas-linmas sudah dimintakan untuk bertugas dekat lokasi pintu jalur pendakian," terangnya. Diketahui Kota Tomohon memang sering menjadi lokasi kemping para pecinta alam. Lokasi yang sering didatangi adalah air terjun Tunan, Gunung Mahawu dan Gunung Lokon. Sebenarnya status siaga Gunung Lokon sudah lama ditetapkan, sempat diturunkan ke level Waspada, namun kembali dinaikkan statusnya ke Siaga beberapa hari lalu karena meningkatnya aktivitas kegempaan. (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar