Water Canon Bersihkan Abu Vulkanik Gunung Soputan


Kendaraan water canon milik Polres Minahasa saat membersihkan abu vulkanik Gunung Soputan. FOTO: istimewa
LANGOWAN - Kepolisian Resort Minahasa mengerahkan kendaraan rantis water canon untuk membersihkan abu vulkanik dari letusan Gunung Soputan, Kamis (7/1/2016). Mobil yang didesain mirip pemadaman kebarakan ini menyiram abu vulkanik disejumlah jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Minahasa Tenggara, daerah lokasi Gunung Soputan dan Kabupaten Minahasa.

Kita memang mengerahkan water canon sehingga dengan cepat membersihkan abu vulkanik yang menjadi lumpur di jalan-jalan utama," ujar Kapolres Minahasa, AKBP Ronald Rumondor.

Ia menyebutkan kendaraan water canon yang biasanya digunakan dalam mengantisipasi para demonstran, kali ini beralih fungsi untuk membantu warga agar tidak terkena penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dengan melakukan penyiraman di ruas ruas jalan raya seperti di Kota Langowan, Minahasa. “Kegiatan ini juga menghindari terjadinya kecelakaan akibat jalan licin yang tertutup abu letusan Gunung Soputan," terangnya.

Kapolres menambahkan, dengan membersihkan jalan-jalan utama, maka perekonomian daerah yang terkena dampak erupsi Gunung Soputan bisa berangsur normal. "Semoga ini bisa membantu warga agar kembali beraktivitas," kata Ronald. Lydia Sumampouw, warga Langowan yang terlihat membersihkan debu bekas abu vulkanik mengaku bangga dengan upaya yang dilakukan Polres Minahasa dengan mengerahkan kendaraan water canon.

Sangat positif polisi membantu warga. Terbukti, abu vulkanik dengan cepat berhasil dibersihkan," imbuhnya. Selain mobil water canon milik Polres Minahasa terlihat juga mobil Damkar dari Pemkab Minahasa yang membersihkan abu vulkanik dan membagi-bagikan air minum kepada warga. 

Sementara itu, aktivitas kegempaan Gunung Soputan hingga hari ini terus mereda. Warga pun mulai beraktivitas seperti biasa meski pun tetap mewaspadai jika terjadi letusan susulan yang hebat. (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar