Terus Erupsi, Pendaki Dilarang Naik Gunung Soputan

Dua Pemantau Gunung Soputan terus melakukan pemantauan aktivitas kegempaan. FOTO: agust hari/manadokita.com 
MANADO - Pemantau Gunung Soputan, Asep, mengatakan aktivitas erupsi Gunung Soputan,masih cukup tinggi. Dia pun mengimbau bagi pendaki dilarang naik ke gunung tersebut. “Warga diminta tidak berada pada radius 4,5 kilo meter. Sebab sewaktu-waktu gunung akan erupsi dengan hebat. Kami juga tak bisa memprediksi karena memang aktivitas kegempaan masih cukup tinggi," ujar Asep, Rabu (6/1/2016).

 Ia mengakui letusan hebat sudah tidak terjadi seperti Senin dan Selasa lalu, tapi bukan berarti Gunung Soputan tidak akan erupsi dalam beberapa hari ini. “Pantauan kami hari ini awan panas berada pada jarak 500 hingga 1500 meter ke arah timur," katanya.

 Hingga saat ini abu vulkanik masih menerjang tiga kecamatan yakni Kecamatan Langowan Barat, Ratahan Timur dan Tompaso Barat dan 14 desa. Pantauan disejumlah daerah yang terkena abu vulkanik Gunung Soputan mulai melakukan pembersihan. “Abu vulkanik cukup tebal menerjang rumah kami. Beruntung hujan juga turun sehingga membantu kami membersihkan abu vulkanik,” kata Otnie Tanod, warga Desa Ranoketang, Kecamatan Silian Raya, Minahasa Tenggara. (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar