Warga Sangihe di Filipina Capai 35 Ribu Jiwa

Konjen Filipina di Manado saat bersama Kapolda Sulut, Brigjen Wilmar Marpaung, belum lama ini. 
MANADO, MANADOKITA – Warga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara yang tinggal di Filipina mencapai 35 ribu jiwa. Hal ini disampaikan Konsul Jenderal Filipina di Manado, Oscar G Orcine saat berkunjung di Kota Tahuna, ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Sabtu (17/10/2015).

Data ini sangat mengejutkan mengingat selama ini jumlah warga Sangihe di Filipina terkesan disembunyikan, dan diperkirakan jumlahnya hanya dikisaran 5 ribu hingga 13 ribu jiwa. Ternyata Orcine menyebutkan, jumlah warga Sangihe yang tinggal di Filipina sebanyak 35 ribu jiwa yang tersebar di sejumlah wilayah. “Ada juga warga Sangihe telah menjadi warga negara Filipina dan tinggal di 12 provinsi setempat. Jumlahnya mencapai 2.500 jiwa. Inipun data sementara, bisa saja bertambah,” kata Oscar.

Dia menyebutkan banyak yang tinggal di Kota Davao dan Gensan. “Ciri-ciri fisik warga Sangihe dan Filipina tidaklah berbeda jauh. Mereka punya kemiripan, mereka sudah menyatu dan sulit membedakan antara warga Sangihe dan asli Filipina, karena selain punya ciri-ciri yang sama, juga bisa menggunakan bahasa daerah Sangihe dan bahasa asli Filipina yakni Tagalog,” tambahnya.

Bupati Sangihe, Hironimus Rompas Makagansa menyatakan pemerintah Sangihe akan memberi perhatian penuh dengan banyaknya warga Sangihe di Filipina. “Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. 35 ribu jiwa itu saudara-saudara kita. Kasihan kalau mereka tidak punya pekerjaan dan banyak pengangguran,” ucap Hironimus. (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar