Tanam Pohon di Hutan Rusak Erupsi Gunung Karangetang

Hutan di kaki Gunung Karangetang rusak akibat erupsi. FOTO: manadokita.com
SITARO, MANADOKITA.COM - Kerusakan hutan akibat kebakaran maupun erupsi Gunung Karangetang tergolong mengkuatirkan. Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Kepulauan Sitaro merencanakan akan menanam pohon di hutan yang rusak tersebut. "Sudah direncanakan program penanaman pohon untuk hutan-hutan yang rusak," ujar Kepala DPPK Ir Novia Tamaka, Jumat (16/10/2015).

Program penanaman pohon ini, kata Tamaka, bertujuan untuk mengembalikan kondisi hutan yang sudah rusak itu kembali normal, karena hutan memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas lingkungan. “Makanya selaku instansi terkait kami perlu mengambil tindakan untuk mengembalikan kondisi hutan yang rusak kembali normal. Beberapa jenis pohon yang menjadi pertimbangan untuk di tanam di sejumlah hutan yang rusak itu," imbuhnya, seraya menambahkan bahwa pihaknya akan turun lapangan untuk melakukan pendataan berapa luas areal hutan yang mengalami kerusakan.

Disatu sisi dampak kebakaran dan erupsi gunung tak hanya merusak hutan, tapi perkebunan milik warga ikut terdampak dengan mengalami kerusakan yang cukup parah. Menurutnya, tanaman perkebunan yang umumnya tanaman pala milik warga yang rusak itu akan diganti. "Program distribusi bibit tanaman pala akan direalisasikan, setidaknya bersamaan dengan program penamaman pohon," sebutnya. (sani s)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar