Dua Pembicara Nasional di Training and Fellowship AJI Manado-DnP

Salah satu pembicara, IGG Maha Adi (Direktur SIEJ). FOTO: facebook
MANADO, MANADOKITA.COM – Program AJI Manado dan Development and Peace (DnP) Kanada untuk pelatihan dan fellowship akan menghadirkan dua pembicara nasional. Yakni anggota Dewan Pers, Yosep “Stanley” Adi Prasetyo dan IGG Maha Adi.

 “Kalau Mas Stanley selain anggota Dewan Pers, juga adalah pendiri AJI di tahun 1994 lalu. Sedangkan IGG Maha Adi adalah jurnalis nasional yang konsen isu-isu lingkungan. Liputannya bahkan hingga keluar negeri,” kata Ketua Bidang Pendidikan AJI Manado Fransiskus Talokon dan Sekretaris, Fernando Lumowa.

 Sedangkan untuk pembicara lokal, yang dihadirkan adalah dari kalangan pemerintah, akademisi, serta aktivis LSM. “Dengan kehadiran para pemateri ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas jurnalis khususnya untuk isu lingkungan,” ujar keduanya.

 Sementara itu untuk peserta, lanjut Talokon dan Lumowa, ada 15 jurnalis dari berbagai media yang sebelumnya disaring setelah mereka mengusulkan tema liputan dan ToR (term of reference) terkait lingkungan. “Lewat karya jurnalistik 15 jurnalis ini, diharapkan bisa mengangkat dan menggali lebih dalam terkait persoalan lingkungan yang ada di Sulawesi Utara,” ujar keduanya lagi.

 Pelaksanaan pelatihan dan fellowship untuk anggota AJI Manado siap dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Minggu (2-4/10/2015) di Hotel Spark Lite Manado. “Tentu kita berharap kegiatan ini bakal memberi perspektif, pemahaman serta ketrampilan bagi jurnalis dalam meliput isu-isu lingkungan,” tambah Talokon dan Lumowa.

 Diketahui, kegiatan pelatihan dan fellowship ini merupakan kegiatan kedua dari rangkaian program enam bulan AJI Manado yang didukung DnP Kanada. Sebelumnya dilaksanakan pertemuan dengan kalangan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akademisi, advokad, mahasiswa, serta aktivis yang selama ini menaruh perhatian terhadap isu lingkungan. Selain itu, nantinya akan ada program diskusi regular, Focus Group Discusion dengan editor media, serta sejumlah program lainnya. (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar