Dewan Pers Serukan Jurnalis jadi Timses Segera Mundur

Ini surat seruan dari Dewan Pers.
MANADO, MANADOKITA.COM – Dewan Pers menyerukan wartawan atau jurnalis yang terlibat sebagai tim sukses calon kepala daerah untuk segera mundur. “Kami mengeluarkan surat seruan No: 01/Seruan-DP/X/2015 tentang Posisi Media dan Imparsialitas Wartawan dalam Pilkada 2015. Seruan ini dikeluarkan karena banyaknya aduan yang masuk ke Dewan Pers jelang Pilkada Serentak 9 Desember 2015,” tulis Komisi Hukum dan Komisi Pengaduan Dewan Pers, Stanley Adi Prasetjo.

Dalam seruan itu ditulis bahwa tidak dapat dicalonkan atau tidak mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah adalah hak asasi setiap warga negera, termasuk wartawan. “Karena itu, Dewan Pers menyerukan kepada wartawan yang memilih menjadi calon kepala daereah atau wakilnya, atau pun menjadi anggota tim sukses partai atau tim sukses calon untuk segera non aktif sementara sebagai wartawan atau mengundurkan diri secara permanan,” katanya.

Norma yang berkaitan dengan jurnalis mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah atau tim sukses adalah mengundurkan diri secara permanen dari profesi jurnalistinya. “Hal ini dikarenakan dengan menjadi kepala daerah, atau wakil kepala daerah atau tim sukses sesungguhnya seorang wartawan telah memilih berjuang guna kepentingan politik pribadi atau golongannya. Padahal tugas utama wartawan adalah mengabdi pada kebenaran dan kepentingan publik. Karena itu, ketika seoranmg wartawan memutuskan menjadi caleg, calon DPD atau tim sukses, yang bersangkutan telah kehilangan legitimasi untuk kembali pada profesi jurnalistik,” imbuh Stanly. (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar