49 Bangunan di Manado Ludes Terbakar

Kebakaran di Kelurahan Calaca Manado, Sabtu (3/10/2015). FOTO: manadokita.com
MANADO, MANADOKITA.COM – Sepekan terakhir ini kebakaran terus terjadi di Manado. Sabtu (3/10/2015) lalu sekira pukul 08.30 Wita api melahap 49 bangunan yang terdiri dari rumah warga dan Rumah Toko (Ruko) di Kelurahan Calaca Lingkungan III, Kecamatan Wenang.

 Hendri, seorang saksi mata yang pertama kali melihat api di salah satu rumah mnengatakan, ketika dia masuk ke dalam rumah itu kepulan asap dan api sudah tampak di dalam rumah. “Saat saya masuk api sudah menyala dari dalam plafon rumah tempat kost yang menjadi tempat tinggal beberapa penghuni,'' ujarnya. 

Begitu melihat api yang sudah merambat melalui plafon, dia pun spontan keluar dan meminta pertolongan dengan terus berteriak bahwa telah terjadi kebakaran. Beberapa penghuni kost langsung panik. Ada yang masih menyempatkan mengamankan beberapa barang penting. Namun, sebagian besar langsung lari keluar rumah menyelamatkan diri.

 Dua penghuni kost yang menempati lantai II, saking takutnya memilih melompat ke halaman rumah, sehingga patah tulang. Satu kakinya patah, satunya lagi patah tangan. “Saat lihat api dua orang penghuni kost lompat dari lantai II, satu patah kaki satu lagi patah tangan," ujarnya.

 Bangunan Ruko yang berdekatan membuat api cepat menyebar dan sulit dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran. Terpantau delapan unit Damkar dibantu dua Mobil Water Canon Polda Sulut berusaha menjinakkan api. Hanya petugas pemadam kesulitan di lapangan dkarena banyaknya warga yang menonton. Massa yang memenuhi lokasi kebakaran membatasi pergerakan petugas pemadam. Tak kurang dari enam jam api membakar lokasi ini, baru bisa dipadamkan oleh Unit Damkar, personel TNI dan kepolisian yang ikut membantu warga memadamkan api. (agust hari)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar