Awan Panas Karangetang Mengancam, Tiga KK Tetap Bertahan

Warga di kaki Gunung Karangetang yang mengungsi, Rabu (16/09/2015). FOTO: manadokita.com
ONDONG, MANADOKITA.COM - Kabupaten Kepulauan Sitaro lebih khusus Pulau Siau tengah dihantui ancaman awan panas akibat guguran lava pijar Gunung Karangetang, Rabu (16/09/2015). Sejumlah warga di Dusun Kola-kola maupun Dusun Boro telah memilih mengungsi, tapi ada tiga KK (Kepala Keluarga) di Dusun yang memilih bertahan yakni Keluarga Misa-Sahidangen, Samahina-Surudani, dan Managhuang-Mudisi.

Meski imbauan maupun arahan langsung dari pemerintah kelurahan, kecamatan maupun kabupaten menyarankan agar mereka mengungsi seperti tak dihiraukan. “Kami sudah menyarankan kepada mereka secara langsung bersama aparat TNI yang turun lapangan, tapi mereka memilih tetap bertahan dan tak mau turun,” ungkap salah satu staf Pemkab Sitaro.

Bupati Toni Supit menyatakan, sejatinya pemerintah daerah ingin berbuat yang terbaik bagi masyarakat. Lebih khusus bagi masyarakat yang tinggal di daerah tergolong rawan bencana letusan Gunung Karangetang. “Jadi memang sangat diharapkan agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana dan diharuskan mengungsi sebaiknya mematuhi. Karena ini semua demi kepentingan bersama, dan mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Pantauan hingga Kamis (17/09/2015), kondisi Gunung Karangetang sudah mulai nampak seperti biasa, yang mana tumpukan guguran lava pijar mulai berkurang. (angky)
Share on Google Plus

About agust hari

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar